Pelatihan Pembuatan Website Sekolah Balitbang Memasuki Angkatan ke-13

Ditulis oleh
(0 penilaian)

15Jakarta, Balitbang Kemdikbud.

Program Pelatihan Pembuatan Website Sekolah (PPWS) Online adalah embrio (rintisan) program percepatan peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai penunjang pembelajaran yang ramah lingkungan (go green), efisien, dan berkeadilan.

Kalimat di adalah penggalan dari awal pengantar pelaksanaan PPWS Online diselenggarakan oleh Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Balitbang Kemdikbud yang ditulis dan diunggah di Portal Balitbang Kemdikbud, pada tanggal 17 Desember 2013. Selanjutnya disebutkan bahwa jika dilakukan dengan model pelatihan tatap muka akan ada jadwal yang ketat dan jam praktek yang sangat terbatas, sedangkan pada PPWS Online ini peserta mendapatkan waktu belajar maupun berlatih dengan relatif longgar.

Program pelatihan pembuatan website sekolah yang dikategorikan sebagai “program pengembangan model pembelajaran/ pelatihan online” ini, diharapkan dapat mendukung percepatan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menghantar terwujudnya generasi emas Indonesia pada  tahun 2045. Program ini merupakan salah satu upaya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara posistif.

Adapun semangat yang mendasari pelaksanaan program ini adalah untuk mempermudah atau menyederhanakan salah satu upaya peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah/Madrasah, sesuai dengan motto pelaksanaan kegiatan yakni  “Mudahkanlah,  jangan dipersulit!” dan “Membuat website sekolah? MUDAH”.  Semoga!

Mulai hari ini, Rabu 21 Januari  2015, pelaksanaan pelatihan pembuatan website sekolah (PPWS) angkatan ke-13 yang dilaksanakan secara online ini Insya Allah  akan berlangsung sampai dengan tanggal 27 Januari 2015.

Peserta pelatihan angkatan ketigabelas adalah hasil seleksi administrasi dari pendaftaran secara online yang telah ditutup pada tanggal 17 Januari 2015. Dari kuota yang tersedia sebanyak 200 calon yang telah mengisi aplikasi formulir pendaftaran,  sebanyak 180  peserta yang dianggap memenuhi syarat (lolos seleksi administrasi) tahap pertama. Pada tahap selanjutnya panitia melakukan konfirmasi terhadap calon peserta yang antara lain mencakup status calon peserta, surat tugas dari Kepala Sekolah/Madrasah, dan surat ijin domain. Dari hasil konfirmasi sampai dengan tanggal 21 Januari 2015, ternyata baru 48 calon peserta yang dapat memenuhi persyaratan.

Konfirmasi kepada calon peserta dilakukan untuk memastikan bahwa calon peserta merupakan pengelola web di sekolah/madrasah, sesuai dengan maksud dari pelaksanaan pelatihan yaitu agar seluruh sekolah/madrasah mempunyai web sekolah yang sudah online dan dikelola, sehingga dapat mendukung upaya peningkatan mutu proses belajar mengajar di masing-masing sekolah/madrasah.  


Pelaksanaan Pelatihan

Sejak tanggal 19 Januari 2015,  secara berangsur-angsur panitia mengirimkan username dan pasword kepada seluruh calon peserta pelatihan. Dan pagi ini, sekitar pukul 07.00 WIB materi pelatihan yang berupa video pembelajaran telah berhasil diunggah ke Portal Balitbang Kemdikbud. Sejak saat itulah, seluruh peserta dapat mengikuti tahapan pelatihan dengan menggunakan username dan password yang telah dikirimkan sebelumnya.

Melalui video dimaksud, para peserta dapat mempelajari dan mempraktikkannya langsung. Para peserta dapat saling berkomunikasi menggunakan fasilitas chat room selama 24 jam penuh setiap harinya selama pelatihan berlangsung. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan baik untuk interaksi antara peserta dengan peserta maupun antara peserta dengan tim instruktur. Mulai hari ini sampai dengan hari Selasa tanggal 27 Januari 2015, tim instruktur akan memberikan asistensi untuk setiap materi yang telah ditayangkan antara jam 16.00 s/d 20.00 W.I.B. setiap harinya.

Melalui proses seperti itulah, peserta diharapkan akan mampu menguasai sekaligus mempraktikkan materi yang menjadi target pelatihan. Target program ini adalah seluruh peserta diharapkan dapat menyerap seluruh materi, mempraktikkannya, dan mewujudkan sebuah website sekolah yang online dan dikelola dengan baik. Dengan kemampuan yang telah dimilikinya, para peserta diharapkan dapat memanfaatkannya untuk peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar di Sekolah masing-masing.  

Kepada segenap peserta PPWS Online angkatan ke-13, kami sampaikan ucapan selamat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir! Manfaatkan dengan sebaik-baiknya! Semoga sehat selalu dan mendapatkan  ilmu yang bermanfaat dan berkelanjutan. Amin.

Sedangkan bagi pendaftar yang sudah mendaftar tetapi belum terkonfirmasi pihak panitia masih menunggu sampai dengan hari kedua pelatihan. (YSU/DD)

Sulisman S.Pd.I.

berbudi pekerti luhur, cerdas, kreatif dan peduli lingkungan

sman3bengkayang.sch.id

Tinggalkan komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.